Retreat

Retret Chan
APA ITU RETRET CHAN? 

Selain mengadakan sesi praktik meditasi mingguan dan bulanan, komunitas Chan Indonesia juga rutin mengadakan retret-retret tahunan internasional yang menghadirkan guru-guru Chan dari silsilah Chan Master Shengyen dari Dharma Drum Mountain yang berpusat di Taiwan.

Retret-retret ini diikuti oleh peserta dari Indonesia dan luar negeri. Para guru mengajar dalam bahasa Inggris atau Mandarin dan diterjemahkan langsung ke dalam bahasa Indonesia. Masing-masing guru meskipun berasal dari silsilah yang sama, namun masing-masing guru akan memiliki metode yang unik yang dihasilkan dari pengalaman mendalam mereka masing-masing.

Retret Chan adalah retret hening mulia (Noble Silent) dimana selama retret berlangsung semua peserta tidak saling berkomunikasi. Retret hening mulia ini dimaksudkan untuk memberi situasi dan kondisi yang kondusif bagi para peserta retret sehingga mereka bisa lebih mengistirahatkan kesibukan pikiran mereka dan bisa lebih memahami dan mengenali pola pikir mereka sendiri.

Retret-retret tersebut berdurasi mulai dari 3 hari hingga 3 minggu. Para peserta akan bisa memilih opsi-opsi durasi retret sesuai dengan minatnya. Selain mengikuti retret-retret Chan di Indonesia, para praktisi Chan Indonesia juga kerap mengikuti retret-retret Chan di silsilah Dharma Drum Mountain di negara-negara lain, misal di Malaysia, di Taiwan, Polandia, Amerika, dll.

Beberapa contoh aktivitas dalam retret Chan adalah: meditasi duduk, meditasi makan, meditasi minum teh, meditasi jalan, meditasi kerja, yoga berkesadaran, 8 bentuk meditasi gerak, food offering, chanting, meditasi gerak bersujud (prostration), meditasi pertobatan (repentance), pembabaran ajaran dan diskusi serta tanya jawab.

OUR RETREAT CALENDAR
Chan Indonesia
Ch'an Retreat
Des 6, 2019 - Des 21, 2019