Chan Indonesia Teacher
Jejak Langkah Di Atas Salju oleh Shengyen

Sebuah memoar monumental seorang mahaguru Chan (Zen) terkemuka dalam melakukan napak tilas perjalanan spiritualnya, dengan dilatari kisah negeri Tiongkok sedari era akhir masa pemerintahan Republik, Perang Sino-Jepang, hingga berdirinya China Komunis dan Nasionalis Taiwan.

Beliau bercerita mengenai keberhasilan dan juga tantangan yang dihadapi, bagaimana hal-hal yang pada mulanya nampak sangat menjanjikan, akhirnya berkeping-keping menjadi sesuatu yang sama sekali tidak berarti. Sangatlah menginspirasi untuk membaca bagaimana beliau tetap fokus pada jalurnya pada saat-saat sulit dan pada akhirnya sanggup mengatasi kendala-kendala yang beragam.

Kemudian Master Shengyen tetap melangkah maju untuk menyebarkan pengetahuan akan Chan di Amerika Serikat. Buku ini juga memberi gambaran mengenai arah perkembangan Buddhisme pasca revolusi budaya di China. Kita banyak mendengar dan membaca mengenai sejarah modern Buddhisme di Jepang, namun tidaklah di China.

Beliau juga bertutur tentang pengalaman meditatif dan juga aspek studinya. Cerita beliau tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sebuah keadaan ideal, namun lebih berupa gambaran kenyataan apa adanya.

Master Shengyen menjelaskan mengenai tahap-tahap dari jalan ini, bagaimana dia menemukan kebahagiaan yang sempurna dengan menjadi bikhu pengembara yang tidak mempunyai tempat tinggal, juga bagaimana beliau mengatasi kendala bahasa dalam mengajarkan ilmu Timur kepada murid-murid Barat dan bagaimana beliau belajar dari siapa saja yang ada di sekitarnya.

Beliau dikenal sebagai pribadi yang sangat rendah hati dan membumi. Buku ini benar-benar sesuatu yang istimewa untuk siapa saja yang tertarik pada kehidupan para master Buddhis.