Chan Indonesia Teacher
Walking Meditation

Berjalan adalah aktivitas yang alamiah di keseharian. Namun, umumnya kita tidak mindful saat melakukannya. Umumnya, perhatian kita lebih banyak tercerap dalam pikiran mengembara dan acak saat berjalan.

Misal, Anda biasa menaruh kotak sampah di dekat lemari es di dapur. Kemudian, karena satu alasan tertentu, Anda pindahkan kotak sampah itu. Nah, di hari berikutnya, saat akan membuang sampah, Anda secara otomatis berjalan ke lokasi kotak sampah yang lama. Ini adalah automatic pilot habit.

Di satu sisi, automatic pilot habit ini bermanfaat dari aspek efisiensi. Kita tak perlu selalu memikirkan step-by-step cara berjalan, atau step-by-step cara membuang sampah, karena sudah otomatis. Namun, karena sudah otomatis dan skillful, maka perhatian pun lantas terpecah dan mulai mengembara. Saat pikiran terpencar dan mengembara, karena perhatian tidak berada di aktivitas berjalan, bisa saja kita mengalami insiden, misalnya terpeleset dan jatuh.

Aktivitas berjalan, saat dilakukan dengan mindful bisa menjadi praktik meditasi yang universal, praktis dan mudah dilakukan. Pada saat berlatih meditasi jalan, seseorang mengarahkan perhatian atau kesadarannya ke sensasi seluruh tubuh atau kaki atau telapak kaki. Pikiran menjadi terkumpul dan terjangkarkan di sensasi tubuh selama aktivitas berjalan. Semakin seseorang terlatih kesadarannya, maka durasi dijangkarkannya perhatian ke sensasi tubuh ini akan bisa setiap kali menjadi semakin panjang dan juga semakin sering.

Di Chan, kami mempraktikkan tiga tipe meditasi jalan: natural, lambat, dan cepat. Masing-masing tipe ini memiliki tujuan dan kegunaan masing-masing. Meditasi ini memungkinkan para praktisi untuk praktik berjalan secara mindful dalam situasi yang berbeda-beda. Masing-masing tipe praktik ini akan memberi pengalaman berbeda tentang bagaimana tetap terhubung dengan tubuh dengan cara menyadari sensasi tubuh. Dengan berlatih praktik meditasi jalan ini, ketika seseorang menjalani kesehariannya, ia akan bisa mindful atau memiliki perhatian penuh di aktivitas berjalannya saat berjalan di mana pun, kapan pun.