Chan Indonesia Teacher
8 Bentuk Meditasi Gerak 八式動禪

Latihan Eight-Form Moving Meditation adalah meditasi gerak yang dikembangkan oleh Master Shengyen sebagai komplimen dan pengantar meditasi duduk. Ini cocok untuk mereka, yang menjalani kehidupan dengan gaya hidup sibuk dan juga penuh tekanan, agar bisa menikmati manfaat dari meditasi gerak Chan. 

Praktik ini berdasarkan pada pengalaman pribadi Master Shengyen dalam berpraktik yoga dan tai chi serta praktik meditasi Chan selama bertahun-tahun. Master Shengyen mengintegrasikan esensi dari meditasi Chan ke dalam serangkaian latihan fisik yang sederhana. Ini adalah latihan fisik yang mudah dipelajari dan relatif bisa dilatih di mana saja dan kapan saja.

Meski pun ini melibatkan latihan fisik, namun Eight-Form Moving Meditation ini juga bertujuan untuk meredakan pikiran yang sibuk.

Saat mempraktikkan latihan ini, kesadaran diarahkan untuk merasakan gerakan tubuh dan juga sensasi yang mungkin muncul, seperti peregangan, rasa tegang, rasa relaks. Dengan terus menerus menjangkarkan perhatian ke gerakan-gerakan meditatif tersebut, maka latihan ini akan membantu meredakan buah-buah pikir (thoughts) yang mengembara dan acak.

Aspek mengarahkan perhatian ke sensasi tubuh saat bergerak ini dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Baik saat berjalan, berdiri, duduk atau rebahan. Dengan demikian, Anda akan lebih mindful untuk berada dalam kondisi relaks baik di tubuh maupun di pikiran.